GACUN INVERTER 12VDC TO 300VDC

Ferit toroid diameter 4,5cm
primer 8lilit, kawat email diameter 1,5mm dobel 2 buah
secunder 200 lilit email 0,8mm
FET IRFZ44
elco 150uF 450V

Gacun bebas, pakai metode 1Lilit 1,5V. boleh pakai travo apa aja, asal CLOSE LOOP CORE. jadi kalo tidak bulat (toroid) atau bekas flyback atau bekas travo switching tidak bisa digunakan
FERIT BATANGAN (seperti spul radio AM) tidak bisa digunakan.
Kalo seting V out, itu tergantung feedback optocoupler. misal pengen output 40V. dalam optocoupler kan ada led nya. jadi di design supaya pas 40V, led baru nyala. paling mudah dipasang dioda ZENER 40V. sebentar saya gambar dulu.
jadi setting Vout itu,
1. jumlah lilitan
2. dioda ZENER

skema persis seperti ini
karena saya belum ketemu diodaa zener 300V, maka saya pakai resistor pembagi
.

 

ini variable. vout maximal tergantung jumlah lilitan sekunder.
Pengalaman saya, pas kabel biru tidak aku fungsikan, bisa sih keluar tegangan, tapi NAIK TURUN GAK JELAS. makanya dibutuhkan feedback optocoupler ke kabel biru.
Jumlah lilitan yaitu 1,5V per Lilit. primer 12V jadinya 8Lilit, secunder 40V jadinya 27 sd 28Lilit. pengen amper gede? pakai kawat email gede pula. atau kawat email kecil tapi di dobel banyak, misal pke 0,5mm di dobel 8 atau 10 kawat digulung bareng2. 
sekedar mengingatkan, point pentingnya : pin7 UC3843 beri R 100 ohm ke +12VDC
Memang biasane gacun jalan di 220VAC (setelah jadi DC maka 300V). IC gacun bisa kerja di 220V karena ada R220K 2Watt di pcb nya. sesungguhnya R tsb digunakan sbg penurun tegangan supaya mjd 12V untuk suply IC (dgn tambagan dioda zener + elco juga). di rangkaian saya, pin7 IC UC3843 saya kasih R 100 ohm menuju +12V. makanya gacun bisa jalan di 12V  
 
sumber
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: GACUN INVERTER 12VDC TO 300VDC Rating: 5 Reviewed By: stzuriah.blogger.com