Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Baru

    
Awal Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1439 akan jatuh pada Kamis, 21 September 2017. Pemerintah sudah menetapkan tanggal ini sebagai hari libur nasional.
Dalam tradisi Islam, datangnya tahun baru disambut dengan cara doa bersama dan muhasabah (introspeksi diri).
       Seperti dilansir laman NU.or.id, berikut ini adalah doa yang dibaca Rasulullah SAW di akhir tahun.
Doa ini dicantumkan oleh Sayid Utsman bin Yahya dalam karyanya Maslakul Akhyar

90
NU.or.id
Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik.
Fa innî astaghfirtuka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.
Artinya:
Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu.
Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu.

Ampunilah aku.
Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu.
Janganlah pupuskan harapanku.
Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.
Doa yang dibaca sebanyak tiga kali ini diharapkan menjadi akhir tahun yang baik.
Semoga Allah menerima doa yang kita baca di akhir Dzulhijjah tahun ini. (*)

sumber

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Baru Rating: 5 Reviewed By: stzuriah.blogger.com